Cara Menyimpan Sayuran Tanpa Kulkas

Cara Menyimpan Sayuran Tanpa Kulkas

Kulkas Anda penuh ? Jangan khawatir, sebab kami akan membagikan cara menyimpan sayuran tanpa kulkas untuk Anda! Sayuran, kamu pernah kan beli sayuran! sayuran yang kamu beli biasanya kamu simpan dong di dalam kulkas agar tetap segar. Nah bagaimana kalau isi kulkas kamu sudah penuh dengan bahan makanan dan minuman lainnya atau karena sayuran yang sebelumnya masih tersisa. Kamu susah deh buat menyimpan stok sayuran kamu.

Tapi kamu nggak pernah khawatir nih karena ada cara-caranya menyimpan sayuran tanpa menggunakan kulkas sebelum itu kamu harus memperhatikan kualitas sayutan saat membeli supaya-sayuran kamu bisa makin bertahan lama. Nah ini kami dari jasa kitchen set Bekasi akan memberikan tips langkah-langkah untuk menyimpan sayur-sayuran kamu tanpa kulkas.

Menyortil Sayuran

Kamu harus memisahkan sayuran antara sayur yang segar dan sayur yang layu supaya sayur yang masih segar tidak terkontaminasi dengan sayur yang sudah layu atau busuk.

Tidak Mencuci Sayuran

Sebaiknya kamu jangan mencuci sayuran yang mau kamu simpan, karena sayuran dilengkapi dengan pelindung alami. Jadi lebih baik cuci ketika kamu mau makan saja.

Bungkus Sayuran dengan Paper Towel

Nah, untuk jenis sayuran hijau cara terbaik menyimpan nya adalah dengan membungkusnya menggunakan paper towel. Karena paper towel bisa menyerap kelembaban secara maksimal. Tapi ada juga jenis sayuran hijau yang harus tetap lembab. Contohnya seperti brokoli dan kembang kol. Kamu bisa menyimpan sayuran ini dengan merendam batangnya dengan air atau membungkusnya dengan handuk basah.

BACA:  10 Kompor Gas Terbaik dan Berkualitas Tinggi

Jauhi Sinar Matahari

Ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya tidak terkena sinar matahari secara langsung. Contohnya seperti kentang, karena bisa cepat busuk dan akan mengandung racun bernama solanin.

Simpan Sayuran di Tempat Kering

Sebaiknya kamu simpan di tempat yang kering dan tidak lembab. Kenapa? Karena suhu yang lembab bisa bikin jamur timbul pada wortel. Kamu bisa melapisi wortel dengan tisu atau lap kering agar tetap terjaga.

Berventilasi

Sayuran kamu pasti akan lebih awet dan segar kalau disimpan di ruangan yang berventilasi udara. Karena udara akan mencegah pembusukan pada sayuran kamu.

Ini Beberapa Jenis Sayuran yang Harus Disimpan dengan Cara Spesifik

Kamu juga harus memperhatikan cara penyimpanan yang spesifik untuk masing-masing jenis sayuran. Karena masing-masing sayuran punya kadar kebutuhan yang berbeda-beda. Lalu, gimana sih caranya? Nih aku share ke kamu ya!

Menyimpan Bawang Merah dan Bawang Putih

Cara menyimpan kedua bawang ini agar bisa bertahan lama yaitu kamu harus pisahkan keduanya. Kenapa? Karena bawang merah dan bawang putih punya gas yang berbeda nih. Jadi bisa mempengaruhi proses pembusukan yang lebih cepat.

Kamu bisa simpan ditempat yang gelap dan kering agar para bawang ini tidak bertunas. Jangan simpan bawah dan kentang bersamaan ya, karena kentang bisa jadi tumbuh dan bawang menjadi busuk.

Menyimpan Tomat

Sebisa mungkin kamu beli tomat yang kematangannya dengan warna kehijauan. Kamu bisa bugkus dengan paper towel atau koran. Dan disimpan ditempat gelap dan kering, karena tomat butuh kegelapan untuk matang.

Menyimpang Wortel

Kamu bisa bungkus wortel di dalam aluminium foil. Tapi jangan terlalu ditutup dengan rapat, buka sedikit di bagian ujungnya agar kelembabannya hilang. Kalau kamu nggak buka pasti akan cepat busuk. Wortel akan dengan mudah bertahan dua minggu lebih dengan cara ini.

BACA:  Tips Mempecantik Rumah Dengan Dapur Mini Bar

Menyimpan Cabai

Nah, cabai sebenarnya bisa bertahan berminggu-minggu loh. Tapi kalau cara penyimpanan yang salah, bisa jadi cabai malah menjadi busuk. Supaya tidak cepat busuk, kamu bisa bersihkan cabai yang baru dibeli dengan tissu. Lalu, kamu bisa taruh di wadah yang bersih dan letakkan di tempat yang kering. Tapi jangan ditutup ya wadahnya.

Nah, itu dia beberapa tips dari aku gimana cara menyimpan sayuran tanpa menggunakan kulkas. Jangan lupa kamu tetap jaga kebersihan sayuran kamu dan juga perhatikan kualitas saat membelinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *