desain ruang kerja

12 Ide Desain Ruang Kerja Minimalis Untuk Rumah Maupun Apartemen

Ketika menciptakan desain ruang kerja yang terbatas di dalam rumah maupun apartemen Anda, ide-ide luar biasa atau out of the box harus ada di pikiran kita. Dulu di rumah dan apartemen dimana kadang kala ruang kerja tidak terlalu diprioritaskan seperti ruang lainnya seperti dapur, kamar tidur, ruang keluarga, dan lain sebagainya. Tapi di era new normal kita saat ini semua orang berpikir ulang karena semua kegiatan kerja dan belajar dilakukan di rumah.

Lalu, bagaimana kita bisa menghadirkan ruang kerja dalam satuan ruang terbatas di rumah maupun apartemen kita? Nah, berikut ini rangkuman dari kami sebagai penyedia jasa kitchen set Jakarta Timur tentang beberapa ide desain ruang kerja yang bisa Anda terapkan untuk rumah maupun apartemen Anda.

Manfaatkan Meja Apung

Manfaatkan Meja Apung

Ide pertama adalah menggunakan desain dengan meja apung. Nah dengan ruangan yang sempit penggunaan meja terbang ini bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dan lega karena bobotnya yang ringan. Nah, konsep meja terbang ini juga bisa dipadukan dengan ide konsep lainnya yakni dengan memanfaatkannya menjadi beberapa fungsi.

Selain digunakan sebagai tempat kerja, juga bisa digunakan sebagai meja makan atau bisa juga digunakan sebagai meja rias. Bahkan, Anda juga bisa memadukannya dengan konsol TV di bagian depan. Dimana ruang hiburan juga dapat digunakan sebagai ruang kerja. Bahkan, TV di kamar juga bisa dijadikan monitor tambahan saat kita bekerja.

BACA:  Tips Memilih Furniture Rumah dan Apartemen Yang Tepat

Optimalkan Ruang Keluarga Sebagai Tempat Kerja

Ide selanjutnya adalah mengoptimalkan ruang keluarga sebagai ruang untuk tempat kerja kita. Nah kita bisa menggunakan furniture multifungsi seperti meja geser. Atau pada lemari TV yang bisa kita tarik sebagai meja kerja dan sofa sebagai kursi kerja. Selain meja geser ini, kita juga bisa menggunakan meja kopi lipat sebagai pengganti meja geser.

Gunakan Ruang Kerja Sebagai Pembatas Ruangan

Ide selanjutnya adalah menggunakan ruang kerja ini sebagai pembatas ruangan. Dimana anda bisa meletakkan meja sebagai pembatas ruangan antara ruang kerja dan kamar tidur. Nah kamu juga bisa meluaskannya ke area samping dan menggabungkannya dengan Bunk Bed. Dimana meja kerja tersebut memiliki rak buku yang sekaligus berfungsi sebagai tangga.

Manfaatkan Ketinggian Ruangan

Ide selanjutnya adalah kita bisa memanfaatkan ketinggian ruangan. Dimana kita bisa menggunakan fungsi bersarang. Dimana kita bisa meletakkan ranjang di bagian atas dan ruang kerja di bagian bawah. Ini juga dapat digabungkan dengan berbagai cara. Pemanfaatan dan kombinasi tempat tidur susun dan ruang kerja juga bisa dilakukan dengan dua tempat tidur susun seperti ini.

Nah, selain memanfaatkan ketinggian bangunan, kita juga perlu memperhatikan penataan tata letak furnitur lainnya baik, tata letak furnitur yang menginspirasi dengan foto-foto inspirasi yang menarik.

Buat Ruang Kerja Tanpa Kursi

Ide selanjutnya adalah membuat ruang kerja tanpa kursi. Jadi jika ruangan Anda kecil, Anda bisa menggunakan trik ini. Dimana Anda bisa menggunakan meja kerja sebagai pembatas ruangan dan tempat tidur sebagai kursi.

Gunakan Pembatas Ruang Kerja dengan Partisi Transparan

Ide desain selanjutnya adalah. Anda dapat menggunakan pembatas ruang kerja dengan partisi transparan. Agar ruangan Anda yang sempit tidak terlihat lebih kecil dengan adanya ruang kerja. Dengan begitu Anda akan menikmati ruang kerja dengan kesan yang luas.

BACA:  Tips Memilik Kitchen Set Yang Tepat dan Sesuai Dapur Rumah

Manfaatkan Ruang Jendela

Manfaatkan Ruang Jendela

Ide selanjutnya adalah memanfaatkan ruang jendela. Dimana ruang jendela jarang digunakan sebagai ruang fungsi atau penempatan furniture di area tersebut karena bisa menutupi bukaan ruangan. Tapi kita bisa menggunakannya sebagai ruang kerja.

Penggunaan jendela dengan ruang kerja ini memiliki beberapa keuntungan. Keunggulan pertama adalah ruang kerja memiliki pencahayaan alami yang cukup. Nah selain itu Anda juga bisa memanfaatkan view dari ruang kerja. Anda bisa mengaplikasikan desain seperti ini dengan menggunakan meja geser tarik agar penggunaan bukaan pintu tidak terganggu dengan keberadaan meja.

Gunakan Meja Sofa dan Meja Geser

Ide selanjutnya adalah menggunakan meja sofa dan meja geser. Jika Anda memiliki ruang yang sangat terbatas desain ini bida diterapkan. Dengan begitu Anda bisa sambil bersantai dengan penggunaan ide ini. Anda dapat menerapkan desain ini baik di sofa maupun di tempat tidur.

Pakai Meja Lipat

Ide selanjutnya adalah menggunakan meja lipat. Anda dapat menggunakan desain meja lipat dengan berbagai cara. Anda bisa menggunakan meja lipat di panel TV, atau dengan menggunakan tempat tidur sebagai kursi, ataupun bisa juga menggunakan meja lipat yang disembunyikan di lemari. Sehingga bisa bertukar fungsi dengan tempat tidur geser di bagian bawah.

Manfaatkan Area Balkon

Manfaatkan Area Balkon

Ide selanjutnya adalah memanfaatkan area balkon sebagai ruang kerja. Ruang balkon sering tidak dioptimalkan di apartemen. Namun ruang balkon ini juga berpotensi menjadi ruang kerja Anda yang nyaman dan unik. Di mana Anda bisa bekerja di luar sambil menghirup udara segar dan melihat pemandangan. Anda bisa menggunakan meja lipat akrilik untuk menerapkan desain.

Gunakan Desain Tempat Tidur Panggung Untuk Tempat Kerja

Desain selanjutnya adalah menggunakan desain tempat tidur panggung. Dimana kita bisa meletakkan di lantai panggung di bagian atas yang bisa kita tarik sebagai tempat tidur. Nah, penggunaan panggung ini bisa Anda kombinasikan dengan desain lantai tatami. Dimana di bagian bawah kita bisa membukanya sebagai kursi meja dan lantai sebagai meja kerja. Desain lantai tatami ini juga bisa dipadukan dengan wall bed.

BACA:  5 Jenis kayu Yang Banyak Digunakan Untuk Furnitur dan Kontruksi

Manfaatkan Furnitur yang Bisa Dipindah

Ide selanjutnya adalah menggunakan furnitur yang bisa dipindahkan. Penggunaan furniture yang dapat dipindahkan ini memungkinkan kita untuk menciptakan ruang kerja yang luas dan nyaman karena kita bisa merubah ruangan ini dari satu fungsi ke fungsi lainnya.

Itulah beberapa 10 tips desain ruang kerja minimalis untuk rumah maupun apartemen. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *