backsplash

Fungsi dan Material Backsplash Dapur yang Perlu Anda Ketahui

Backsplash adalah material yang digunakan untuk menutupi area dinding pada dapur yaitu diantara bagian atas meja dapur dengan lemari diatasnya atau plafon. Backsplash sendiri memiliki beberapa fungsi dan material. Apa saja fungsi dan material dari backsplash? Mari kita simak!

backsplash

Fungsi Backsplash

Backsplash pada awalnya dirancang fungsional, beberapa fungsional dari backsplash yakni sebagai berikut:

1. Melindungi Dinding

Backsplash melindungi dinding dari potensi kerusakan akibat tumpahan atau percikkan yang berasal dari sing, kompor, maupun area prep serta mencegah penumpukan jamur pada dinding.

Namun selain melindungi kerusakan dari air, minyak, ataupun kelembaban backsplash juga berfungsi sebagai penahan fisik yang melindungi dinding dari benturan dari barang-barang seperti panci, wajan, ataupun pisau saat kita mempersiapkan dan memasak makanan.

2. Mencegah Noda Menempel

Backsplash menjaga dinding agar tetap bersih dari noda makanan dan air. Seiring waktu noda yang sedikit akan menumpuk menjadi noda yang besar sehingga dinding akan terlihat kotor, walaupun cukup sering dibersihkan hal itu hanya bersifat sementara saja lama-lama dinding akan terlihat kusam jika tidak dilapisi backsplash. Dengan adanya Backsplash membuat dinding lebih mudah dibersihkan.

3. Melindungi Dari Serangga

Backsplash mengurangi kemungkinan serangga untuk masuk dari dalam dinding ke area dapur, karena backsplash membentuk penghalang di antara meja dapur dengan dinding sehingga mencegah kemungkinan adanya serangga masuk ke dalam area dapur dan menghampiri sisa makanan.

Kriteria Backsplash yang Baik

Setelah mengetahui fungsi-fungsi dari backsplash tersebut, maka kriteria backsplash yang baik adalah yang pertama tentunya harus tahan air, benturan, dan juga serangga sehingga lebih awet dan tahan lama.

Kemudian yang kedua harus mudah dibersihkan agar kita tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk merawatnya, cukup dilap dengan kain lembab dan juga spons.

Kini backsplash dapur tidak hanya memiliki fungsi teknikal saja tetapi sekaligus sebagai fungsi estetika yaitu menjadi focal point design yang dapat mencerminkan kreatifitas serta kepribadian dari pemilik rumah.

Backsplash dapur harus matching dengan keseluruhan dapur seperti pada kitchen set baik pada beragam model seperti kitchen set minimalis serta model kitchen set lainnya dan juga meja dapur atau kantor top walaupun tidak harus sama persis.

Countertop dan backsplash yang senada cocok untuk dapur yang memiliki tampilan yang clean namun countertop dan backsplash bisa memiliki warna atau desain yang kontras berbeda satu sama lain sehingga backsplash menjadi menonjol tergantung dari desain dapur keseluruhan dan tetap harus seimbang.

Jika countertop sudah bermotif ramai jangan gunakan motif backsplash yang ramai lagi apalagi dengan motif yang jauh berbeda yang mengakibatkan tabrakan motif dan jadi kurang menarik. Tapi, jika countertop dan keseluruhan dapur sudah polos maka kita bisa bermain pola yang lebih rumit pada backsplash.

Material Backsplash

Nah berikut adalah contoh-contoh material yang dikutip dari glare furniture yang dapat diaplikasikan sebagai backsplash dapur:

Tile

Material backsplash dari tile baik berupa keramik, hate, maupun mozaik. Terdapat banyak pilihan tiles dalam beragam ukuran dari yang besar hingga kecil, warna, motif, bentuk, tekstur, bahkan kita dapat bermain beragam pola pemasangan.

Tile cukup mudah dipasang harganya pun terjangkau dan tentunya tahan panas dan air tinggal disesuaikan kembali dengan suasana dapur yang kita inginkan. Jika ingin mewah bisa pilih tile dengan ukuran besar dengan tekstur gloss atau jika ingin lebih rastik alami bisa pilih tile dengan motif bata, kayu, atau batuan.

Jika ingin lebih unik kita bisa memilih bentuk unik selain persegi dan persegi panjang seperti Pentagon, Hexagon, Chevron, dan sebagainya.

Untuk pola pemasangan bisa vertikal maupun horizontal, pola dengan arah vertikal membuat kesan yang lebih tinggi pola dengan arah horizontal untuk kesan yang lebih memanjang. Hal yang penting yang bisa kita perhatikan dari tile adalah natnya, mulai dari besaran dan warnanya.

Tile dengan warna putih yang di beri nat warna putih tentu akan berbeda efeknya jika diberi nat warna lain. Dengan nama putih tile terlihat seperti dinding yang mulus dengan not berwarna masing-masing tile menonjol dengan sendirinya.

Pilihlah warna nat yang menarik yang bisa diambil dari warna tile, warna countertop, ataupun warna dinding di sekitarnya.

Dalam pemilihan tile kita harus mempertimbangkan desain secara keseluruhan, pilihlah tile dengan bentuk, warna, dan pola yang cocok untuk dapur secara overall dan juga keseluruhan rumah.

Batuan Alam

Material backsplash dari baruan alam seperti marmer dan granit. Batuan alam cocok untuk tampilan dapur yang mewah karena corak dan pantulannya dan slapnya yang besar membuat backsplash seperti seamless tanpa sambungan karena natnya yang hampir tidak terlihat dan sedikit.

Jika kita memiliki countertops dari granit, kuarsa, atau marmer biasanya material backsplashnya juga akan sama dari motif dan warnanya sehingga selaras seperti bidang yang menyatu. Namun, dilihat lagi dari motifnya jika motif batuan cukup Kompleks maka akan diseimbangkan dengan yang lebih polos.

Backsplash dengan batuan alam yang bermotif khas dan unik cocok untuk ditampilkan sebagai vocal point yang menonjol di dapur terutama jika meja dan lemari dapur sudah netral dan polos.

Harga material dan pemasangannya tergolong cukup tinggi karena slapnya yang besar dan membutuhkan penyangga yang kokoh agar nempel pada dinding. Material ini juga harus sering dibersihkan karena mengandung pori-pori yang besar tergantung dari jenis batuannya.

Ada opsi batuan buatan yang tidak memiliki pori sehingga lebih higienis dan tidak menyerap noda. Namun, motifnya tidak akan senatural batuan alami.

Cermin

Material backsplash dari cermin sebagai backsplash dapat membuat kesan ruangan yang lebih luas karena memantulkan kondisi ruangan di sekitarnya sehingga size ruangan terkesan double bahkan kadang backsplash menjadi seperti bidang kamuflase yang tidak terlihat.

Backsplash cermin juga membuat ruangan lebih cerah karena memantulkan cahaya di sekitarnya baik dari lampu maupun sinar matahari. Tidak hanya silver saja kini terdapat banyak pilihan warna untuk cermin namun hati-hati pilihlah cermin dengan bahan dasar titanium yang tidak teroksidasi sehingga tidak muncul jamur dan karat pada cermin karena sudah lebih tahan air dan lembab.

Backsplash cermin aman untuk digunakan pada dapur bersih dan kompor listrik namun hindari penggunaan cermin jika kita menggunakan kompor gas yang jarak apinya sangat dekat dengan backsplash untuk menghindari resiko retak.

Kaca

Material backsplah dari kaca yang cocok untuk diaplikasikan sebagai material backsplash dapur adalah backpainted glass yaitu kaca yang dilapis cat khusus dibagian belakangnya dan juga wall film glass kaca yang dilapisi full film dengan teknik khusus dibagian belakangnya.

Material kaca 100% tahan air sehingga pastinya mudah dibersihkan dan juga cukup tahan goresan dan jika ditempered akan cukup tahan panas ekstrim jarak dekat. Untuk dapur bersih dan kompor listrik bahkan aman untuk tidak ditempered.

Backsplash dari kaca cocok disandingkan dengan countertop granit atau marmer karena tampilannya yang sama-sama mengkilap, halus, modern, dan mewah. Slapnya juga besar sehingga tidak banyak nat. Tinggal di pilih warna yang cocok dengan granit atau marmernya.

Backpainted dan film glass banyak memiliki warna bahkan bisa dicustom sesuai dengan warna yang kita inginkan dan bisa dipilih apakah ingin tampilan yang gloss ataupun matte bahkan tidak hanya flat saja bisa dengan kaca bertekstur.

Solid Surface

Material backsplash dari solid surface merupakan material sintetis yang terbuat dari resin akrilik, resin polyester, atau kombinasi keduanya yang kemudian dikombinasikan dengan mengisi pigmen warna dan chip akrilik.

Tampilannya dapat mulus tanpa sambungan nat sama sekali sehingga potensi kotoran yang terperangkap akan lebih sedikit. Permukaannya yang tidak berpori membuatnya tidak menyerap kotoran sehingga mudah dibersihkan.

Tersedia dalam warna solid dan juga motif bahkan dapat dikustom motif. Solid surface cukup tahan goresan dan dapat dipoles kembali dan juga cukup tahan panas namun tidak direkomendasikan jika terkena panas langsung karena ada potensi lelehan.

Stainless Steel

Material backsplash dari stainless steel ini sering identik dengan dapur profesional di restoran namun jika diaplikasikan di dapur rumah akan menciptakan gaya unik tersendiri. Stainless steel dengan kualitas baik akan sangat tahan lama, sangat mudah dibersihkan, steril, dan juga tentunya sangat tahan panas sehingga aman untuk diletakkan didekat wajan ataupun panci yang panas.

Cocok untuk diaplikasikan di dapur dengan frekuensi penggunaan yang tinggi dan ekstrim, cocok untuk tampilan dapur yang modern rastik atau industrial dan disandingkan dengan material alami seperti batuan dan kayu. Namun kini dengan variasi tekstur dan finishing stainless steel dapat diaplikasikan ke berbagai gaya desain lainnya.

Setelah mengetahui karakteristik dari masing-masing material backsplash. Cara terbaik untuk menentukan bahan apa yang cocok untuk diaplikasikan pada backsplash dapur kita adalah dengan memperhatikan bagaimana karakteristik kita, seberapa sering kita mau masak, apa yang kita masak , dan kebiasaan kita di dapur.

Setelah itu baru kita pertimbangkan kearah estetika. Apakah kita tipe yang sering membersihkan dapur secara teratur setelah pemakaian atau tipe yang lebih berantakan dan mungkin membersihkan dapur seminggu sekali saja.

Jika kita sering membersihkan dapur maka material seperti marmer atau granit yang membutuhkan perawatan cocok untuk diaplikasikan. Namun, jika kita jarang membersihkan dapur sebaiknya gunakan material yang minim perawatan seperti tile misalnya.

Lalu apakah kita tipe yang memasak berminyak dan ekstrim ataukah tipe yang memasak simpel dan cepat saja. Jika kita sering menggoreng atau menumis dengan wajan yang besar maka gunakan material yang tahan lama, tahan panas ekstrim, dan mudah dibersihkan tentunya seperti stainless steel misalnya.

Namun, hindari penggunaan material seperti cermin dan solid surface yang tidak tahan panas ekstrim jarak dekat.

Itulah beberapa fungsi dan material backsplash, untuk Anda yang tertarik ingin memiliki kitchen set dengan beragam pilihan backsplash Anda dapat menghubungi kami. Karena kami akan memberikan penawaran yang spesial untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button